Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen

Manado (25/06)

“Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen”. Hal ini disampaikan oleh Kepala Divisi Administrasi Drs. Murdjito Sasto, M.Si selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara yang membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyusunan dan Penelitian PAGU Indikatif Tahun Anggaran 2019 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara. Kegiatan ini didahului dengan doa umum yang dilanjutkan dengan laporan panitia oleh Kepala Bagian PPP Raymond Takasenseran, S.H.,M.H. selaku Ketua Panitia. Dalam kesempatan tersebut Plh. Kakanwil juga menyampaikan berbagai hal antara lain, bahwa Dalam hal penyusunan rencana kerja dan anggaran haruslah memperhatikan keterkaitan antara proses perencanaan dan penganggaran ( planning and budgeting).
Penganggaran yang berbasis kinerja harus mengandung 3 (tiga) prinsip utama, yaitu :
Alokasi anggaran program dan kegiatan didasarkan pada tugas dan fungsi unit kerja yang dilekatkan pada struktur alokasi ( Money follow function), Alokasi anggaran berorientasi pada kinerja ( output and outcome), Fleksibilitas pengelolaan dengan tetap menjaga prinsip akuntabilitas ( Let the Manager Manages) tandas beliau.
Kegiatan rakor ini dilaksanakan selama 1 hari yaitu tanggal 25 juni 2018, bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Edy Hardoyo dan Kepala Divisi Keimigrasian Jamaruli Manihuruk, serta  sebagai peserta adalah Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut, para Kepala Bagian dan Kepala Bidang pada Kanwil Kemenkumham Sulut serta Operator RKA-KL. Dalam kesempatan yang sama juga, Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan berbagai hal terkait perencanaan anggaran agar dapat dilaksanakan secara optimal sehingga dapat mengakomodir pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing divisi kedepan. Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama.


Cetak   E-mail