Penyerahan Simbolis KIA dan E-KTP oleh Kakanwil dan Wakil Walikota Tomohon di LPKA Tomohon

2503 1

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Efendy B. Peranginangin didampingi Kadiv Administrasi Murdjito Sasto, Kadiv Keimigrasian Jamaruli Manihuruk beserta Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang beserta jajarannya menyaksikan video teleconference pembukaan "Gerakan Nasional (GERNAS) Pemenuhan Hak Identitas Anak Dalam Rangka Revitalisasi Pemasyarakatan Bagi Anak Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55 Tahun 2019" di LPKA Tomohon.

Kegiatan tersebut disiarkan langsung dari Graha Bakti Pemasyarakatan Gedung Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang hadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami yang direlay ke 33 LPKA di seluruh Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Pemenuhan Hak Identitas Anak dalam Rangka Implementasi Revitalisasi Pemasyarakatan Bagi Anak.

Dalam sambutannya Menkumham menyampaikan bahwa Pemenuhan hak identitas anak menjadi hal yang penting dan mendesak untuk segera dipenuhi agar Anak memiliki akses pelayanan publik lainnya seperti layanan kesehatan dan layanan pendidikan.

Selain itu, Yasonna menambahkan, "anak masih memiliki keterbatasan kemampuan dan tanggung jawab dan rentan terhadap perlakuan buruk pihak lain. Sehingga, Anak wajib mendapatkan perlindungan negara dalam rangka pemenuhan hak-haknya termasuk anak yang sedang berkonflik dengan hukum” ujar Yasonna.

Dalam kegiatan ini dilakukan penyerahan KIA, E-KTP, KIS dan KIP oleh Menkumham kepada anak-anak LPKA, sedangkan untuk di LPKA Tomohon sendiri dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Indentitas Anak (KIA) serta E-KTP oleh Kakanwil dan Wakil Walikota Tomohon kepada andikpas LPKA Tomohon.

2503 2

Diakhir rangkaian kegiatan, Efendy menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkot Tomohon maupun lembaga – lembaga di Kota Tomohon yang telah mendukung pengembangan anak di LPKA Tomohon dan “semoga warga binaan disini nantinya bisa keluar dengan keadaan yang jauh lebih baik” ungkapnya.
Wakil Walikota Tomohon juga memberikan tanggapan positif dan sangat mendukung program pemerintah melalui Kemenkumham apalagi ini mengenai Hak Asasi Manusia Anak dan siap berkolaborasi.

Dalam kesempatan ini juga Kakanwil didampingi oleh Kadiv Administrasi dan Kabag Program dan Hubungan Masyarakat menyempatkan diri untuk meninjau lokasi kebakaran yang terjadi beberapa waktu yang lalu di LPKA Tomohon, beliau berpesan kepada pihak LPKA untuk segera menindaklanjuti musibah tersebut dan mengantisipasi agar hal serupa tidak terulang kembali.

2503 3


Cetak   E-mail