Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR-RI Dalam Rangka Evaluasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba di Provinsi Sulawesi Utara

2006 15

Hari ini, Jumat (21/06/2019) 12 anggota Komisi III DPR-RI melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara dalam rangka Evaluasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba.

Setibanya di Bandara Samratulangi Manado, rombongan langsung menuju VIP Bandara dan disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Efendy B. Peranginangin dan para Kepala Divisi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Utara, beserta pihak-pihak yang terkait dalam kunjungan kali ini seperti, Polda Sulut, Kejaksaan Tinggi dan BNN Provinsi Sulawesi Utara.

2006 14

Rombongan kemudian bertolak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Manado untuk meninjau Lapas khususnya blok hunian WBP kasus Narkotika. Disambut dengan tarian "kabasaran" suku minahasa, para anggota Komisi III memasuki Lapas. Didampingi oleh Kalapas, Sulistyo, rombongan meninjau blok hunian dan berinteraksi dengan beberapa WBP kasus Narkoba.

2006 14

2006 14

Dalam wawancaranya dengan para wartawan, Ketua Tim Komisi III DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat, Erma Suryani Ranik, S.H., mengatakan bahwa kunjungan kali ini dilaksanakan untuk melihat kondisi Lapas, dikarenakan semakin banyaknya kasus-kasus narkoba yang terjadi. Erma juga menyampaikan saat ini Komisi III bersama dengan Pemerintah sedang membahas tentang RUU Pemasyarakatan yang dinilai perlu untuk meningkatkan security dalam permasalahan yang terjadi beberapa waktu yang lalu. "Kita sedang mengatasi bagaimana mencari solusi dalam permasalahan di Lapas, karena UU tentang Pemasyarakatan saat ini dinilai sudah tidak sesuai" ujarnya.

Selesai berkunjung dari Lapas, kegiatan selanjutnya rapat terkait Evaluasi Pencegahan dan Pemeberantasan Penyalahgunaan Narkoba di Provinsi Sulawesi Utara. Pada rapat kali ini, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut mendapatkan kesempatan untuk memaparkan fakta, data, serta masalah-masalah yang ada di Lapas, khususnya yang bersangkutan dengan narapidana narkotika. Dan diharapkan bisa mendapatkan solusi yang baik setelah dilakukannya kunjungan kerja ini. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Tim Komisi III DPR-RI ini berlangsung dengan sangat lancar.

2006 14

2006 14

2006 14

2006 14

Turut hadir dalam rapat kerja ini Para Pejabat struktural eselon III dan IV, para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian Di Jajaran Kemenkumham Sulawesi Utara. Rangkaian kegiatan kunjungan kerja kali ini ditutup dengan makan malam bersama seluruh pihak terkait dan yang berpartisipasi bertempat di restoran City Extra Manado.

2006 14

2006 14


Cetak   E-mail