Kakanwil Apresiasi Bangunan Ibadah Rutan Manado

h 1 17agustus 2

Manado, 13/08

Manado merupakan kota paling toleran urutan ke-4 menurut SETARA Institute dari penilaian IKT (Indeks Kota Toleran) pada tahun 2018. Penilaian IKT dilakukan Setara terhadap 94 kota yang ada di Indonesia. Ada empat variabel yang digunakan sebagai alat ukur indikator toleransi dalam tata kelola kota, yaitu regulasi pemerintah kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial dan demografi agama.

Tak hanya dilingkup masyarakat luar, hal yang sama pula berlaku pada Rutan Kelas IIA Manado, dimana para WBP yang saat ini sedang menjalani masa hukuman dapat hidup berdampingan walaupun memiliki perbedaan keyakinan, terlukis jelas ketika para pengunjung memasuki area Rutan Manado, terdapat 2 (dua) bangunan ibadah yaitu Gereja Abigail dan Masjid At-Taubah yang ditata rapih dan indah. Bagunan gereja yang nampak indah dengan adanya ornamen patung Tuhan Yesus dan gua Maria yang tak lain adalah hasil karya para WBP, Begitu pula terlihat pada Masjid At-Taubah sejuk dengan adanya taman baca al-qur’an yang juga dibangun secara gotong royong oleh para WBP.

h 1 17agustus 2

Kepala Kantor Wilayah, Efendy B. Peranginangin didampingi Kabag Program dan Humas Raymond Takasenseran dalam kesempatan sore tadi mengunjungi Rutan Kelas IIA Manado untuk meninjau kesiapan Rutan dalam menggelar Upacara dan tari kolosal “Indonesia Bekerja” dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17 Agustus nanti, mengapresiasi tempat ibadah yang ada di Rutan Manado ini, karena dengan adanya kedua tempat ibadah tersebut tolentansi antar umat beragama terlihat sangat harmonis tercemin jelas, dimana WBP yang beragama muslim ikut membantu pembangunan ornamen untuk memperindah gereja begitu pun sebaliknya.

Raden Budiman Priatna Kusumah, Kepala Rutan Manado yang menyambut hangat kedatangan Kakanwil tersebut, dan menyampaikan Rutan Manado akan terus bebenah diri dalam menunjang kesejahteraan para WBP dan pelayanan kepada masyarakat, dan dalam hal persiapan upacara HUT RI dan tari kolosal nantinya beliau berjanji bersama para Pegawai lainnya di Rutan Manado akan berusaha dan bekerja dengan maksimal, sehingga perayaan Hari Kemerdekaan RI nanti dapat berjalan dengan baik.

 


Cetak   E-mail