Kemenkumham Sulut turut mengkampanyekan perlindungan Nike Danau Tondano sebagai Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis

1909 1

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara terus mendorong Pemerintah Daerah untuk dapat menggali kekayaan alam maupun budaya yang ada di daerahnya saat ini agar dapat memperoleh perlindungan hukum Kekayaan Intelektual sebagai produk Indikasi Geografis, khususnya yang ada di Kabupaten Minahasa.

Nike Danau Tondano yang merupakan komoditi asli Sulawesi Utara diketahui hanya dapat hidup di Danau Tondano merupakan salah satu ciri khas Indikasi Geografis yang harus dilindungi, oleh karena itu Kanwil Kemenkumham Sulut sebagai perpanjangan tangan dari Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI sangat mendukung rencana pendaftaran Indikasi Geografis dari Pemerintah Kabupaten Minahasa atas Nike Danau Tondano sebagai salah satu wujud perlindungan hukum atas Kekayaan intelektual Komunal.

Bertempat di Kawasan Benteng Moraya Tondano, Kabupaten Minahasa, digelar Kegiatan "Fun Bike Torang pe Nike" dalam rangka mengkampanyekan perlindungan Kekayaan Intelektual Nike Tondano sebagai produk Indikasi geografis di Kabupaten Minahasa, yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa, KNPI Minahasa, Pengadilan Negeri Tondano dan Asosiasi Wartawan Minahasa. Selain untuk mendeklarasikan Ikan Nike sebagai Ikan asli dari Tondano yang akan didaftarkan sebagai Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara, Lumaksono yang diberi kehormatan untuk melepas para peserta Fun Bike bersama Bupati Minahasa, Royke Roring, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ronald Lumbuun, serta pejabat Forkopimda Minahasa, dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut mengkampanyekan Ikan Nike ini, sehingga Tondano bisa memiliki jenis ikan endemik yang memperoleh perlindungan hukum Kekayaan Intelektual, karena menurutnya keberhasilan Pemerintah Daerah untuk mencapai hal tersebut tidak mungkin dicapai sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Kakanwil juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam terlaksananya kegiatan ini dan berharap dapat mendorong daerah lain di Sulawesi Utara dalam menggali potensi daerahnya masing-masing. Beliau juga berharap seluruh peserta Fun Bike dapat lebih sehat, lebih produkti dan bebas dari berbagai penyakit termasuk COVID-19.

1909 1

1909 1

1909 1

1909 1

 


Cetak   E-mail