PASTI WBK/WBBM KEMENKUMHAM GELAR APEL PENGUATAN ASN

Manado, 03/08 - Jajaran Kementerian Hukum dan HAM R.I menggelar Apel Pagi Pegawai dirangkaikan dengan Penguatan Pembangunan Zona Integritas 520 Satuan Kerja Menuju WBK/WBBM Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020 via teleconference dengan tema New Normal Kemenkumham Pasti Produktif Meraih WBK/WBBM. Bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara Kepala Kantor Wilayah, Lumaksono didampingi Kepala Divisi Administrasi, Manus Johnly, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Bambang Haryanto, Kepala Divisi Yankum dan HAM, Ronald Lumbuun serta Seluruh Pejabat Administrasi dan Staff pada kantor wilayah mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Laporan Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto menjelaskan "tujuan apel pagi ini untuk memberikan pembekalan dan penguatan kembali tentang peran dan tugas Tim Kerja Pembangungan Zona Integritas dalam menginplementasikan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di Era New Normal. Pelaksanaan evaluasi akhir yang akan dilakukan oleh Tim Penilai Nasional harus dipersiapkan dengan baik, sehingga hasil yang akan dicapai berdampak pada meningkatnya Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM dan juga akan meningkatkan kinerja Kementerian secara keseluruhan", ujar beliau.

Selain itu Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, Jufri Rahman menyampaikan "Kemenkumham merupakan satuan kerja pemegang rekor terbanyak yang mengusulkan 520 satker sehingga mengalahkan rekor dari kepolisian. 478 usulan untuk satker WBk dan 42 usulan untuk satker WBBM. Perlu diingat bahwa zona Integritas adalah miniatur dari pembangunan reformasi birokrasi itu sendiri. Membangun satker percontohan yang akan menumbuh-kembangkan budaya kerja yang anti korupsi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang dilayani", kata Jufri Rahman.

Pada Pelaksanaan apel pagi juga dibacakan pernyataan sikap yang diikuti oleh jajaran Kemenkumham di seluruh Indonesia. Isi pertanyaan sikap tersebut yakni, Memberikan kinerja terbaik kepada organisasi guna mewujudkan satker berpredikat WBK dan WBBM, Dengan semangat yang tinggi mewujudkan keberhasilan pembangunan ZI satker menuju WBK WBBM,dan Bekerja dengan jujur, ikhlas, ramah taman dalam pelayanan masyarakat, dan bertanggungjawab serta menjunjung tinggi kode etik pegawai Kemenkumham RI.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyematan tanda Satgas Penguatan WBK/WBBM dan Pemberian Penambah Daya Tahan Tubuh bagi ASN Kemenkumham secara simbolis oleh Menteri Hukum dan HAM RI yang diikuti oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara dengan memberikan Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di unit pusat dan daerah.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM mengatakan "Kepada Koordinator WBK/WBBM pada masing-masing unit Eselon I selaku pembina saya perintahkan agar senantiasa mengawasi satuan kerja yang menjadi tanggungjawabnya masing-masing dalam pemenuhan Komponen Pengungkit pada Aplikasi E-RB dengan mengacu pada surat Inspektur Jenderal sehingga dokumen yang disajikan oleh satuan kerja memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam Permen PAN dan RB Nomor 10 tahun 2019, Yasonna juga memerintahkan kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi harus berperan aktif dan saling bersinergi untuk terus meningkatkan pemahaman dan internalisasi Pembangunan Zona Integritas seluruh satuan kerja di wilayahnya, sehingga mencapai target minimal 70% dari satker yang diusulkan busa meraih predikat WBK/WBBM pada tahun 2020". Diakhir sambutannya yasonna menyerukan Selamat Bekerja, Teruslah mengukir prestasi semoga tahun 2020 ini adalah tahun prestise dan prestasi bagi Kementerian Hukum dan HAM.

0308 1 5

0308 1 5

0308 1 5

0308 1 5

0308 1 5

 


Cetak   E-mail