Kanwil Kemenkumham Sulut Selenggarakan Sosialisasi dan Edukasi Indikasi Geografis Kab. Minahasa dan Kab. Mitra

 

Potensi lokal di Sulawesi Utara cukup berlimpah dan perlu pengelolaan yang serius guna menghasilkan manfaat ekonomi bagi masyarakat maupun daerah setempat. Salah satu bentuk pengelolaan potensi lokal adalah dengan pendaftaran Indikasi Geografis.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Indikasi Geografis dengan Tema : Mendorong, Mendukung dan Melindungi Potensi Indikasi Geografis di Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara. Di Grand Ballroom Yama Resort Tondano (19/04).

Kegiatan ini mengakselarasi pencapaian tujuan dan upaya pemerintah Republik Indonesia untuk benar-benar mendorong pentingnya perlindungan hukum khususnya perlindungan Indikasi Geografis yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Asisten II Pemda Kab. Minahasa Wenny Talumewo mengatakan bahwa Pemerintah akan terus mendukung dan mendorong upaya perlindungan indikasi geografis di daerah. Pemerintah Daerah juga mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Sulut yang telah menyelenggarakan Sosialisasi dan Edukasi Indikasi Geografis ini.

Plh. Kakanwil Kemenkumham Sulut John Batara yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indikasi Geografis dapat membantu masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi. "Mari kita bersama-sama serius dalam hal perlindungan Indikasi Geografis khususnya yang ada di Provinsi Sulut," terang Plh. Kakanwil.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh beberapa narasumber baik internal maupun eksternal. Diantaranya Dosen Fakultas Ilmu Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado Jeanne Paulus ; Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara Maxi Hansang ; dan Analis Hukum Madya Kanwil Kemenkumham Sulut Aswan D. Idrak.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pelayanan Hukum Hendrik Siahaya; Kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual Setiawaty Pontoh; perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan; Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan; Bapelitbangda; Penyuluh Fungsional; Se-Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara, Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabika Minahasa, Nike Danau Tondano, Salak Pangu, serta tamu undangan lain.

WhatsApp Image 2024 04 19 at 14.09.41

WhatsApp Image 2024 04 19 at 14.09.41

WhatsApp Image 2024 04 19 at 14.09.41

WhatsApp Image 2024 04 19 at 14.09.41


Cetak   E-mail