Pasca Erupsi Gunung Ruang, Kakanwil Berikan Arahan Kepada Pegawai, serta Penguatan Kepada WBP Lapas Tagulandang

 

MANADO (23/4) - Bertempat di Ruang Rapat Kakanwil, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Ronald Lumbuun yang hadir secara virtual menyampaikan arahannya terkait pelaksanaan tugas dan fungsi jajaran Lapas Tagulandang. Membuka arahannya, Kakanwil menyampaikan turut prihatin atas musibah yang dialami oleh jajaran Lapas Tagulandang, seraya mengapresiasi seluruh pihak atas kinerjanya dalam melakukan evakuasi para WBP Lapas Tagulandang.

Selanjutnya, Plh. Kakanwil John Batara yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar, Kepala Divisi Keimigrasian Syamsul Sitorus, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rudy Pakpahan, menyebutkan mekanisme pembagian pelaksanaan tusi terhadap 29 Pegawai Lapas Tagulandang yang akan disebar ke beberapa unit kerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulu, yaitu: Divisi Pemasyarakatan Kanwil, Lapas Manado, Lapas Bitung, Lapas Tahuna, Lapas Tondano, Lapas Amurang, LPKA Tomohon, Rutan Manado, dan Rutan Kotamobagu. Selain itu, beberapa Pegawai juga akan kembali melaksanakan Tusi di Lapas Tagulandang guna melakukan evakuasi terhadap beberapa aset pada Lapas Tagulandang, serta mengidentifikasi dampak kerusakan yang timbul akibat bencana erupsi Gunung Ruang.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil menghimbau agar memastikan kembali kondisi terkini terkait kondusifitas di Tagulandang sebelum beberapa Pegawai kembali melaksanakan tugas ke Lapas Tagulandang. "Laksanakan yang terbaik dan laporkan perkembangan kondisi disana", pesan Kakanwil.

Selain itu, Kakanwil juga berharap agar bantuan yang telah terkumpul melalui program "Kanwil Sulut Peduli" dapat segera disalurkan kepada jajaran Lapas Tagulandang secara proporsional sesuai kebutuhan. "Semoga bantuan ini dapat meringankan beban teman-teman kita yang terdampak musibah ini. Karena kita ini seperti satu tubuh, apabila ada satu bagian yang terluka, maka bagian yang lain juga ikut merasakan sakitnya," pungkasnya.

Dalam giat yang turut dihadiri secara langsung oleh Kepala Lapas Tagulandang Alfred Awoah dan dihadiri secara virtual oleh Kepala Lapas Bitung Syukron Hamdani ini, Kakanwil turut menyapa dan memberikan penguatan kepada para WBP Lapas Tagulandang yang saat ini ditempatkan di Lapas Bitung.

WhatsApp Image 2024 04 23 at 20.07.29

WhatsApp Image 2024 04 23 at 20.07.29

WhatsApp Image 2024 04 23 at 20.07.29

WhatsApp Image 2024 04 23 at 20.07.29

WhatsApp Image 2024 04 23 at 20.07.29


Cetak   E-mail